AMALAN KEROHANIAN KHAS NU (NAHDLATUL ULAMA’)

NU1

NU: Menjaga Tradisi Ulama Indonesia

Disamping adanya peribadatan (ritual) khusus yang telah diatur dengan tegas dengan landasan dan dasar – dasar hukumnya  yang sudah jelas serta cara-caranya seperti Sholat, Zakat, Puasa, Haji,  terdapat pula peribadatan-peribadatan lain yang biasa dilakukan oleh kaum nahdliyin seperti :

  1. Ibadah Sosial (Muamalah) : Jual beli, sewa menyewa Dll.
  2. Ibadah sunnah yang merupakan anjuran.

Dalam bagian ini kami membahas masalah yang berhubungan dengan ibadah sunnah yang ditekuni sehingga menjadi amalan-amalan khusus yang membedakan satu sama lain.

Supaya lebih mudah dalam pembahasan ini kami bagi atas :

  1. Masalah Tarekat
  2. Masalah Tahlil, Sholawat, Manaqib, Dan Wirid
  3. Masalah Imamah Fiqih

Masalah Tarekat

Tarekat Secara Etimologis Jamak dari Tara’iq dan mengandung banyak arti diantaranya; Jalan,Cara, Metode, Sistem Madzhab Aliran, Haluan.Menurut Istilah Tasawwuf, tarekat berarti perjalanan seorang Salik (pengikut Tarekat) menuju tuhan dengan cara mensucikan diri atau perjalanan yang harus ditempuh oleh seseorang untuk dapat mendekatkan diri kepada tuhan.

Tarekat banyak muncul pada abad ke-6 dan ke-7 hijriyah, Didalam dunia Islam tarekat berkembang dengan pesat, diantara Tarekat tersebut adalah :

NAMA TAREKAT

PENDIRI

BERPUSAT DI

ADHAMIAH ibrahim bin adham Damskus, suriah
AHMADIYAH mirza gullam ahmad Qadiah, india
ALAWIYAH abu abbas ahmad bin mustafa al-alawi Mostaganem, aljzair
ALWANIYAH syekh alwan Jiddah, arab saudi
AMMARIYAH ammar bu senna Constantin, aljazair
ASYAQIYAH hasanuddin Istanbul, turki
ASYRAFIYAH asyraf rumi Chin iznik, turki
BABAIAH abdul gani Adrianopel (edirne),turki
BAHRAMIYAH hajji bahrami Ankara, turki
BAKHRIYAH abu bakar wafa’i Aleppo, suriah
BEKTASYI bektasyi velli Kir sher, turki
BISTAMIYAH abu yazid al-bustami Jabal bistam, iran
GULSYANIYAH ibrahim gulsyani Cairo, mesir
HADDADIYAH sayyid abdullah bin alwi bin muhammad al-haddad Hedzjaz, arab saudi
IDRISIYAH sayyid ahmad bin muhammad bin ali Asir, arab saudi
IGHITBASIYAH syamsuddin Magnesia, yunani
JALWATIYAH pir uftadi Bursa, turki
JAMALIYAH jamaluddin Istanbul, turki
KABRAWIYAH najmuddin Khurasan, iran
KADIRIYAH abdul qodir al-jaelani Baghdad, irak
KHALWATIYAH umar al-khalwati Kayseri, turki
MAULAWIYAH jalaluddin ar-rumi Konya, anatoliya
MURADIYAH murad syami Istanbul, turki
NAQSYABANDIYAH muhammad bin muhammad bin al-uwaisi al-bukhori naqaybandiyah Qasri arifan, turki
NIYAZIAH muhammad niyaz Lemnos, yunani
NI’MATALLAHIYAH syah wali ni’matillah Kirman iran
NURBAKHSIYAH muhammad nurbakh Khurasan, iran
NURUDDINIYAH nuruddin Istanbul, turki
RIFA’IYAH sayyid ahmad ar-rifa’i Baghdad, irak
SADIYAH sa’duddin jibawi Damaskus, irak
SAFAWIYAH saifuddin Ardebil, iran
SANUSIAH sidi muhammad bin ali as-sanusi Tripoli, libanon
SAQATIYAH sirri saqati Baghdad, irak
SIDDIQIYAH k.mukhtar mukti Jombang jawa timur
SINAN UMMIYAH alim sinan ummi Alwali, turki
SUHRAWARDIYAH abu an-najib as-suhrawqqardiyah & sihabuddin abu hafs umar bin abdullah as-syuhrawardiyah Baghdad, irak
SUNBULIAH sunbul yusuf bulawi Istanbul, turki
SYAMSIYAH syamsuddin Madinah, arab sudi
SYATTARIYAH abdullah as-syattar India
SYAZILIYZH abul hasan ali asy – syadziliyah Mekkah, arab saudi
TIJANIYAH abu abbas ahmad bin muh at-tijani Fes, maroko
UMM SUNANIYAH syekh umm sunan Istanbul, turki
WAHABIYAH muh bin abdul wahab Nejd, arab saudi
ZAINIYAH zainuddin Kufah, irak

Tharekat yang pertama kali masuk indonesia adalah tarekat Sattariyah pada abad ke 17 yang dikembangkan oleh ulama’ sumatera yaitu Abdur rouf singkel. Kemudian menyebar ke jawa timur pada abad 19.

Masalah Tahlil, Sholawat, Manaqib, Dan Wiridan

Tahlil adalah membaca kalimat lailaha illa allah atau kalimat tauhid. Hukum tahlil adalah sunnah dibaca berulang-ulang. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh bukhori dan muslim dariabu hurairah, nabi SAW bersabda yang artinya “ Barangsiapa mengucapkan lafadz :

لااله الا الله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد يحي ويميت وهو على كل شيئ قدير

Sebanyak seratus kali setiap harinya pahalanya sama dengan memerdekakan sepuluh orang budak, dituliskan baginya seratus kebajikan serta dihapus dari seratus kejahatan dan ia terpelihara dari godaan setan pada hari itu.

Di Indonesia, ucapan tahlil ini sering dilakukan pembacaannya secara bersama-sama di masjid, musholla, maupun di rumah.Pembacaan tahlil seperti ini juga dilaksanakan sesudah shalat maghrib dan subuh. Di sebagian daerah di Indonesia, tahlil sering dibaca secara bersama-sama setelah seseorang meninggal dunia, yang pembacaannya dilakukan di rumah duka. Upacara seperti ini disebut Tahlilan . Pelaksanaannya ada yang dilakukan tiga hari atau tujuh hari setelah kematian. Upacara Tahlilan aeperti ini terkadang mendapat tentangan dari ulama’. Mereka memandang perbuatan demikian adalah Bid’ah. Namun demikian adapula ulama’ yang mempertahankannya dan dianggap sebagai perbuatan baik.

Sholawat adalah pujian-pujian terhadap nabi Muhammad. Sebagai rasul dan nabi terakhir. Bentuk dan bacaan sholawat bermacam-macam, yang terkenal sampai ke Indonesia adalah :

  1. Sholawat Diba’
  2. b. Sholawat Barzanji
  3. c. Sholawat Burdah
  4. d. Sholawat NAriyah
  5. e. Sholawat Munjiat
  6. f. Sholawat Badar
  7. g. Sholawat Wahidiyah (lebih banyak bermodel tarekat)

Manaqib hamper sama dengan sholawat yang berisi tentang sejarah atau riwayat seseorang yang baik atau sholeh disertai pujaan dan sanjungan, seperti Manaqib Syekh abdul Qodir Al-jaelani.

Wiridan Adalah amalan – amalan yang berupabacaan-bacaan tertentu untuk suatu tujuan tertentu dengan mendoakan kepada Allah. Wiridan ini biasanya dirangkai dengan sholat Fardu, Hizib Nashor, dan amalan lainnya.

Masalah Imam Fiqhiyah

Masalah Imamah dalam Tubuh NU (Nahdlatul ‘Ulama’) telah tergariskan dalam asas NU Yaitu  menganut imam madzhab 4 (Empat) : HAnafi, Maliki, Syafi’I, dan Hambali.

1 Comment »

  1. 1
    noor hadi agung Says:

    assalamualaikum ,saya mau tanya hizib maghribi itu yg asli itu dr bhs mana? dan klu blh tau lafalnya gmn?


RSS Feed for this entry

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: